Unit Pengembangan Sumber Daya Kesehatan

Perubahan adalah proses yang harus dirancang sedemikian rupa untuk membuat nilai tambah bagi organisasi khususnya di bidang kesehatan dan institusi rumah sakit

Setiap individu pegawai adalah marketing public relation. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan maka ada baiknya setiap individu pegawai menerapkan Personal Magnestism in Selling. Menurut Mindiarto Djugorahardjo, MBA bahwa daya pikat individu ada 6, antara lain :

  1. Daya pikat kepemimpinan, merupakan suatu kunci untuk mendorong, memotivasi, memberi ilham, mempengaruhi orang lain secara efektif dikombinasi dg PDCA (plan, do, check, action)

  2. Daya pikat berpikir positip, positive mental attitude akan memberi rasa nyaman bagi setiap pelanggan yang memang dalam kondisi sakit.

  3. Daya pikat non verbal merupakan ekspresi emosi dari setiap individu, bagaimana cara senyum atau serius yang memberikan rasa "diperhatikan" bagi pelanggan, harus tahu cara mengelola pesan non verbal melalui gerakan tangan, isyarat wajah, gerak postur tubuh ; menyilangkan kaki atau tangan akan memberikan perasaan bersahabat tidak kepada pelanggan, ini harus dilatih secara sadar untuk meningkatkan performance baik individu maupun organisasi.

  4. Daya pikat mengilhami personal, dengan cara memberi pertanyaan yang memacu emosi untuk menjadi customer loyality.

  5. Daya pikat bersikap dramatis, dengan cara melakukan tindakan unik bersifat dramatis, misalnya ; cara berpakaian yang memberi pesona positip, mimik muka yang ekspresif bersahabat.

  6. Daya pikat dari sesuatu yang semarak, dengan cara membuat suasana kesemarakan terkini, misalnya ; potongan rambut terkini, alat diagnosa/therapy/computer/ponsel tercanggih, bersih dan selalu siap pakai, alat bantu presentasi terkini, ruang kerja yang bersih, rapih, ruangan periksa/perawatan penuh gambar-gambar yang sejuk, selalu energik sepanjang waktu.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda