Unit Pengembangan Sumber Daya Kesehatan

Perubahan adalah proses yang harus dirancang sedemikian rupa untuk membuat nilai tambah bagi organisasi khususnya di bidang kesehatan dan institusi rumah sakit

Pemanfaatan sertifikasi ISO-9001:2008 untuk mendorong perubahan kualitas pelayanan ke arah yang lebih baik bagi rumah sakit umum daerah (RSUD) secara revolusioner menjadi salah satu alat yang layak diperhitungkan. Memang tidak mudah, namun di balik tidak mudahnya itu terdapat “cermin” bagi kita semua untuk menuju ke arah peningkatan kualitas pelayanan RSUD.

Mengingat rumah sakit sebagai organisasi yang padat profesi, teknologi, kepentingan dan termasuk padat karya, maka betapa kita menyadari bahwa membuat system manajemen mutu pelayanan menjadi berjalan efektif adalah bukan pekerjaan yang mudah. Dengan standar-standar yang dapat diadopsi dari ISO-9001:2008 dapat diarahkan system manajemen mutu pelayanan menjadi lebih efektif.
Kunci dari efektifitas sertifikasi Quality Management System berdasarkan ISO 9001 ini terletak pada audit yang secara periodik dilakukan, baik oleh auditor internal maupun eksternal. Karena tidak mungkin meraih suatu kondisi yang dianggap paling bermutu, maka peningkatan mutu berkelanjutan (continuous quality improvement) menjadi wajib dilakukan. Manfaat yang akan dirasakan akan multi efek. Baik pembelajaran anggota organisasi rumah sakit, proses pelayanan yang semakin berkesan di hati pelanggan, kepuasan pelanggan, brand image rumah sakit, pemasaran rumah sakit, pendapatan rumah sakit, yang ujung-ujungnya peningkatan kesejahteraan anggota organisasi rumah sakit.
Salah satu komponen system mutu pelayanan di RSUD yang paling vital adalah sumber daya manusia (SDM). Untuk itu, perubahan ini dapat diarahkan menjadi lebih efektif jika sentuhan yang paling utama dititikberatkan pada SDM melalui manajemen berbasis pengetahuan (Knowledge Base Management). Dengan demikian maka kesuksesan perubahan ini akan didorong lebih cepat dengan terciptanya pegawai yang tergolong knowledge workers dalam RSUD. Maka sudah selayaknya RSUD mempunyai strategi agar knowledge workers ini dapat tumbuh subur dalam lingkungannya.
Penerapan sertifikasi ISO-9001:2008 didukung knowledge workers bahkan mampu menjadi Creative Workers yang handal di RSUD akan menjadi sinergi yang luar biasa untuk menciptakan perubahan yang signifikan. Ini perlu keberanian untuk memutuskan karena terkait dengan system perencanaan RSUD yang juga harus handal.
Selamat membuat Perubahan…!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda